Ulat Bulu Invansion

Dari judul sih keliatanya lebay atau berlebihan tapi emank ini koq yang cocok
mengingat akhir-akhir ini dimedia massa dan pemberitaan di televisi hama ulat bulu
menyerang indonesia dibeberapa lokasi yg berbeda diantaranya adalah probolinggo, jakarta barat, dan terbaru dikatakan ada disulawesi.
nah sebenernya ulat bulu itu apa sih??
byar lebih jelas silahkan baca post berikut ini mengenai ulat bulu ^^

Pengertian Ulat
Ulat adalah larva bentuk anggota order Lepidoptera (para serangga urutan yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat ). Mereka sebagian besar herbivora dalam kebiasaan makanan, dengan beberapa spesies yang pemakan serangga . Ulat makan dengan rakus dan mereka dianggap banyak hama di pertanian . Banyak ngengat spesies yang lebih dikenal dalam tahap ulat mereka karena kerusakan yang menyebabkan buah-buahan dan hasil pertanian lainnya

Anatomi Ulat

Kebanyakan ulat tubular, tubuh tersegmentasi. Mereka memiliki tiga pasang kaki sejati pada tiga segmen dada, hingga empat pasang proleg pada segmen tengah perut , dan seringkali satu pasang proleg pada segmen perut terakhir. Ada sepuluh segmen perut. Keluarga Lepidoptera berbeda dalam jumlah dan posisi dari proleg. Beberapa ulat yang fuzzy (yang berarti mereka memiliki rambut), dan mereka yang paling mungkin menyebabkan gatal-gatal tangan jika tersentuh.
Ulat tumbuh melalui serangkaian moults ; setiap tahap peralihan disebut instar . The rontok terakhir membawa mereka ke dalam pupa tidak aktif atau tahap kepompong.
Seperti semua serangga, ulat bernapas melalui serangkaian bukaan kecil di sepanjang sisi dada dan perut yang disebut spirakel . Cabang ini ke dalam rongga tubuh ke jaringan tracheae. Sebuah ulat beberapa keluarga Pyralidae adalah air dan memiliki insang yang membiarkan mereka bernapas di bawah air.
Ulat memiliki sekitar 4.000 otot (dibandingkan dengan manusia, dengan 629). Ulat rata-rata memiliki 248 otot di segmen kepala sendiri.
Ulat bergerak dengan meluncur organ internal mereka maju menggunakan kontraksi otot-otot, yang memanjang pertama torso dan kemudian kontrak seperti Slinky. Mereka adalah salah satu-satunya organisme diketahui bahwa menggunakan metode bergerak. Cara lain untuk menjelaskan proses ini adalah:-pertama, tubuh-nanti

PENGLIHATAN
Ulat tidak punya visi yang baik. Mereka memiliki serangkaian enam mata ikan kecil atau ' stemmata 'di setiap sisi bagian bawah kepala mereka. Ini mungkin dapat membentuk baik fokus, tapi buruk terselesaikan gambar.Mereka bergerak kepala mereka dari sisi ke sisi mungkin sebagai alat menilai jarak benda, khususnya tanaman. Mereka mengandalkan pendek mereka antena untuk membantu mereka menemukan makanan.
Beberapa ulat yang mampu mendeteksi getaran, biasanya pada frekuensi tertentu. Ulat dari umum -ujung ngengat hook , Drepana arcuata (Drepanoidea) menghasilkan suara untuk mempertahankan sarang sutra mereka dari anggota spesies mereka sendiri,oleh gesekan terhadap daun dalam duel akustik ritual. Mereka mendeteksi getaran yang dilakukan oleh pabrik dan tidak bunyi di udara. Demikian pula, rol daun ceri serotinella Caloptilia gulungan membela mereka.Tenda ulat juga dapat mendeteksi getaran pada frekuensi beats sayap dari salah satu musuh alami mereka.

KLASIFIKASI
Para geometrids , juga dikenal sebagai inchworms atau Loopers, yang dinamakan demikian karena cara mereka bergerak, muncul untuk mengukur bumi (yang geometrid kata-alat ukur berarti bumi dalam bahasa Yunani ), alasan utama untuk ini penggerak yang tidak biasa adalah penghapusan hampir semua yang proleg kecuali clasper pada segmen terminal.
Ulat memiliki tubuh lunak yang dapat tumbuh dengan cepat antara moults. Hanya kapsul kepala mengeras. Dalam ulat, yang rahang yang tangguh dan tajam untuk mengunyah daun, pada orang dewasa yang paling Lepidoptera, yang rahang sangat dikurangi, atau lembut. Di balik rahang dari ulat adalah pemintal , untuk memanipulasi sutra.
Beberapa larva dari Hymenoptera (semut, lebah dan tawon) agar dapat muncul seperti ulat Lepidoptera tersebut. Ini terutama terlihat pada Sawfly keluarga dan sementara larva dangkal menyerupai ulat, mereka dapat dibedakan dengan adanya proleg pada setiap segmen perut. Perbedaan lain adalah bahwa ulat Lepidopteran telah crochets atau kait pada proleg sementara ini tidak hadir pada larva sawfly. Juga di ulat Lepidopteran adalah terbalik Y berbentuk jahit di bagian depan kepala. [4] Larva sawflies berbeda pula dalam memiliki menonjol ocelli pada kapsul kepala.

SELF DEFENSE
Banyak hewan memakan ulat karena mereka kaya akan protein, merugikan, ulat telah berevolusi berbagai sarana pertahanan. Munculnya ulat sering dapat mengusir predator, tanda-tanda dan bagian tubuh tertentu dapat membuatnya tampak beracun, berukuran lebih besar sehingga mengancam, atau non-dimakan. Beberapa jenis ulat memang beracun, dan mampu menembak asam
Beberapa ulat telah lama "cambuk-seperti" organ yang melekat pada ujung tubuh mereka. ulat tersebut menggoyangkan organ untuk menakut-nakuti diri lalat.
Ulat telah berevolusi pertahanan terhadap kondisi fisik seperti kondisi lingkungan dingin, panas atau kering. Beberapa spesies Arktik seperti groenlandica Gynaephora telah berjemur khusus dan perilaku agregasi,selain dari adaptasi fisiologis untuk tetap dalam keadaan tidak aktif.




PENAMPILAN
Banyak ulat samar berwarna dan menyerupai tanaman yang mereka makan dan bahkan mungkin memiliki bagian-bagian yang meniru bagian-bagian tanaman seperti duri. Ukuran mereka bervariasi dari sesedikit 1 mm sampai sekitar 3 inci. Beberapa terlihat seperti benda-benda di lingkungan seperti kotoran burung. Banyak pakan tertutup di dalam galeri sutra, daun digulung atau oleh pertambangan antara permukaan daun. Ulat dari arizonaria Nemoria yang tumbuh dalam pakan musim semi pada dedaunan ek dan muncul hijau. Para mengeram musim panas muncul seperti ranting kayu ek. Pengembangan diferensial dihubungkan dengan isi tanin dalam makanan. [11]
Lebih agresif membela diri tindakan dilakukan oleh ulat. Ulat ini telah berduri seperti bulu atau rambut panjang halus setae dengan tips dilepas yang akan mengganggu oleh penginapan di kulit atau selaput lendir. [4] Beberapa burung, seperti Kedasih , akan menelan bahkan hairiest ulat. Pertahanan yang agresif kebanyakan bulu terkait dengan racun kelenjar, yang disebut urticating rambut , sebuah racun di antara defensif bahan kimia yang paling ampuh dalam setiap hewan diproduksi oleh Amerika Selatan ngengat sutra genus Lonomia . Ini adalah antikoagulan cukup kuat untuk menyebabkan manusia untuk perdarahan sampai mati (Lihat Lonomiasis ). [12] Bahan kimia ini sedang diselidiki untuk aplikasi medis potensial. rambut Sebagian besar urticating berkisar efek dari iritasi ringan sampai dermatitis .


Tanaman telah berevolusi racun untuk melindungi diri dari herbivora dan beberapa ulat telah berevolusi penanggulangan dan memakan daun tanaman ini beracun. Selain menjadi tidak terpengaruh oleh racun, mereka menyita dalam tubuh mereka, membuat mereka sangat beracun untuk predator. Zat kimia ini juga dibawa masuk ke tahap dewasa. Spesies ini beracun, seperti ngengat Cinnabar (Tyria jacobaeae) dan raja ( Danaus plexippus ) ulat, biasanya mengiklankan diri dengan cerah atau bergaris-garis berwarna hitam, merah dan kuning-warna bahaya (lihat aposematism ). Setiap predator yang mencoba makan ulat dengan mekanisme pertahanan agresif akan belajar dan menghindari upaya masa depan

Beberapa ulat memuntahkan cairan pencernaan asam pada musuh menyerang. Banyak papilionid larva menghasilkan bau tidak sedap dari kelenjar extrudable disebut osmeteria .
Ulat dapat menghindari predator dengan menggunakan garis sutra dan dropping off dari cabang saat terganggu.
Beberapa ulat mendapatkan perlindungan dengan mengaitkan diri dengan semut . Para Lycaenid kupu-kupu sangat terkenal untuk ini. Mereka berkomunikasi dengan semut pelindung mereka dengan getaran serta sarana kimia dan biasanya memberikan imbalan makanan.
Beberapa ulat yang suka berteman , agregasi besar dipercaya dapat membantu dalam mengurangi tingkat parasitisasi dan pemangsaan. Cluster memperkuat sinyal pewarnaan aposematic, dan individu dapat berpartisipasi dalam kelompok atau menampilkan regurgitasi.
Ulat bisa bingung dengan larva sawflies (lihat gambar di sebelah kanan). Lepidopteran larva dapat dibedakan menurut:
  • jumlah pasang pro-kaki; sawfly larva memiliki 6 sedangkan ulat memiliki hingga 5 pasang.
  • jumlah stemmata (mata sederhana), sedangkan larva sawfly hanya memiliki dua, sementara ulat memiliki enam.
  • kehadiran crochets pada proleg; ini tidak ada dalam Symphyta (sawflies)

sumber wikipedia

0 comments: