Nauru small island with big people

Dari judul kalian pasti sudah tau isi artikel ini akan berisikan tentang apa,
Yup benar sekali artikel ini berisikan sedikit informasi mengenai sebuah negara yang bernama Nauru

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, 42 kilometer bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa. Pulau Nauru dikelilingi oleh terumbu karang yang dapat dilihat saat surut. Terumbu karang menjadi pembatas pantai berpasir dan perairan dalam. Adanya terumbu karang menghalangi pembangunan pelabuhan, walaupun 16 saluran di karang membolehkan kapal kecil untuk dapat mengakses pulau. Jalur pesisir sepanjang 150 hingga 300 meter yang subur terletak di pedalaman dari pantai. Tebing koral mengelilingi plato di tengah Nauru, dikenal dengan nama "Topside". Titik tertinggi koral tersebut, Command Ridge, berada di ketinggian 71 meter di atas permukaan laut. Satu-satunya wilayah subur di Nauru adalah sabuk pesisir sempit, dimana kelapa tumbuh berkembang. Wilayah di sekitar Laguna Buada cocok untuk pertumbuhan pisang, nanas, pandan, dan tanaman tradisional berkayu keras, seperti kedondong laut. Populasi Nauru terkonsentrasi di sabuk pesisir dan di sekitar Laguna Buada.
Nauru sempat menjadi satu dari tiga pulau karang fosfat utama di Samudera Pasifik (lainnya adalah Banaba di Kiribati dan Makatea di Polinesia Perancis). Namun, cadangan fosfat di Nauru dihabiskan untuk pelbagai kebutuhan. Pertambangan fosfat di plato tengah meninggalkan daerah tandus dari batu kapur bergerigi yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Pertambangan yang belangsung selama seabad telah merusak kurang lebih 80% wilayah negara. Pertambangan juga telah memengaruhi Zona Ekonomi Eksklusif, karena sekitar 40% kehidupan laut telah tebunuh oleh limpasan lumpur dan fosfat.
yang menarik dari negara kecil ini adalah selain cadangan fosfat yang cukup banyak ternyata 95% penduduknya tekena obesitas atau kegemukan, hal ini terjadi karena masyarakat nauru terlalu konsumtif
ini menjadi lebih parah karena banyak perusahaan asing yang bergerak dalam bidang fosfat ada disana yang menjadikan makanan asli warga nauru yaitu buah dan sayur menjadi makanan impor yang berasal dari jepan china dan amerika.
tapi sebenarnya masyarakat di nauru juga cenderung memberikan makanan yang berlebihan kepada anak-anaknya


sedikit informasi tentang negara ini:

  • Ibu kota : Yaren (de facto)
  • Kota terbesar : Distrik Yaren
  • Bahasa: Yaren, English
  • Bentuk Pemerintahan : Republik
  • Presiden: Marcus Stephen
  • Luas :21 km persegi
  • Jumlah penduduk: 10.600km2 (thn 2006)
  • Kepadatan Penduduk: 621/km persegi
  • Mata uang : Dollar Australia
  • Pendapatan Perkapita : USD $5000
  • Zona waktu:  UTC+12

wikiepedia

0 comments: